Sabtu, 09 Juni 2012

USAHA DAN ENERGI


A.  Pengertian Energi
Tahukah kamu nasi yang kamu makan setiap hari memiliki energi, buah mangga yang jatuh dari pohonnya memiliki energi, sepeda motor yang kamu kendarai pergi sekolah memiliki energi. Jika demikian, apakah yang dimaksud dengan energi?
Suatu hari adi berangkat ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor, melihat indikator yang menunjukkan bensin akan segera habis adi kemudian menuju kepenjual bensin untuk mengisi bensin motornya, apa yang akan terjadi jika adi terus melaju tanpa mengisi bensin motornya? Jika ia terus melajukan motor maka tak berapa lama motor tersebut akan mogok. Ini karena mesin motor tidak dapat lagi melakukan usaha untuk mengubah energi kimia bensin (karena bensin habis) menjadi energi gerak.
Dari contoh di atas kita dapat mendefinisikan  energi sebagai kemampuan untuk melakukan usaha.

B.   Bentuk-bentuk energi
Macam-macam bentuk energi adalah sebagai berikut:
                1.       Energi mekanik
Energi mekanik adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat geraknya. Ada dua macam energi mekanik yaitu energi potensial dan energi kinetik. Contoh energi mekanik: air terjun di puncak tebing
                2.       Energi kimia
Energi kimia adalah energi yang timbul akibat terjadinya reaksi kimia. Contohnya pada nasi yang kita makan
                3.       Energi bunyi
Energi bunyi adalah energi yang dihasilkan oleh getaran partikel-partikel udara disekitar sebuah sumber bunyi. Contohnya ketika radio dioperasikan.
                4.       Energi kalor
Energi kalor (panas) adalah energi dihasilkan oleh gerak internal partikel-partikel dalam suatu zat.
                5.        Energi cahaya
Energi cahaya adalah energi yang dihasilkan oleh radiasi gelombang elektromagnetik. Contohnya pada lampu pijar
                6.       Energi listrik
Energi listrik adalah energi yang dihasilkan oleh muatan listrik yang bergerak melalui kabel.
                7.       Energi nuklir
Energi nuklir adalah energi yang dihasilkan oleh reaksi inti dari bahan radioaktif.

C.   Perubahan bentuk energi
1.         Konversi energi
Perubahan bentuk energi dari satu bentuk kebentuk lainnya disebut Konversi energi. Misalnya pada sebuah senter yang diyalakan. energi kimia yang tersimpan pada batu baterai akan berubah menjadi energi listrik kemudian menjadi energi cahaya.
Beberapa contoh lain perubahan bentuk energi antara lain:
a.       Energi kimia menjadi energi listrik: aki
b.      Energi listrik menjadi energi panas: sertikat listrik
c.       Energi listrik menjadi energi gerak: kipas angin
d.      Energi kimia menjadi energi cahaya: senter
2.         Converter energi
Alat atau benda yang melakukan konversi energi disebut konverter energi. Contoh converter energi adalah setrikat, motor dll.

D.  Hukum kekekalan energi
Hukum kekekalan energi berbunyi “energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, energi hanya dapat berubah dari satu bentuk kebentuk lainnya”.
Ilustrasi dari hukum kekekalan energi dapat diamati pada seorang anak yang bermain ayunan. Saat memulai ayunan seorang anak menggunakan energi kimia yang tersimpan dalam otot untuk mendorong ayunan. Sekali ayunan dimulai, asalkan kita mengabaikan efek gesekan dan hambatan udara, maka energi di ubah ke energi kinetic atau energi potensial atau gabungan keduannya. Energi potensial mencapai maksimum pada kedua posisi tertinggi (terjauh) ayunan, pada posisi ini energi kinetic sama dengan nol. Energi kinetic mencapai maksimum ketika ayunan melalui titik terendahnya, pada posisi ini energi potensial nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar