Selasa, 28 Agustus 2012

Perpindahan Kalor

Ketika pulang sekolah panas matahari menyengat kulit kita, padahal jarak antara matahari dengan bumi sangatlah jauh. Mengapa peristiwa ini dapat terjadi?? Untuk mengetahuinya mari kita belajar tentang perpindahan kalor.
Kalor merupakan bentuk energi yang dapat berpindah karena perubahan suhu benda. Kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi (benda yang panas) kebenda bersuhu rendah (benda yang dingin). Contohnya ketika kita memasak air. Api memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan panci dan air yang digunakan untuk memasak air.
Kalor dapat berpindah melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi dan radiasi. Apa perbedaan antara ketiga cara perpindahan kalor tersebut??untuk mengetahuinya mari kita bahas satu-satu.
 1.   Konduksi (hantaran)
Konduksi adalah perpindahan kalor melalui suatu benda tanpa disertai perpindahan partikel benda itu. Perpindahan kalor secara konduksi berlangsung pada benda padat terutama logam.
 


Perhatikan sebatang tembaga yang dipegang salah satu ujungnya sedangkan ujung yang lain dipanaskan. Apa yang akan terjadi???setelah ujung tembaga mengenai api lama kelamaan ujung tembaga yang kita pegang terasa panas. Berarti kalor berpindah dari api ketangan kita melalui batang tembaga
Bagaimana proses perpindahan kalor pada tembaga tersebut???
Mula-mula api memberikan kalor pada ujung tembaga yang berada di dekatnya. Kalor menyebabkan partikel tembaga pada bagian tersebut bergetar dengan hebat. Partikel yang bergetar itu selanjutnya menumbuk partikel lain yang ada di sekitarnya. Tumbukan antar partikel menyebabkan partikel yang tadinya dingin menjadi panas. Tumbukan terus berlanjut sampai keujung batang yang kita pegang . ingat partikel benda tidak ikut berpindah, partikel hanya bergetar disekita posisinya.
Berdasarkan daya hantar kalor, benda dibedakan menjadi dua, yaitu:

1.  Konduktor
Konduktor adalah benda yang memiliki daya hantar kalor yang baik. Contohnya: besi, baja, tembaga dll
2.   Isolator
Isolator adalah benda yang memiliki daya hantar kalor yang kurang baik. Contohnya:n plastic, kayu, kaca dll

Laju konduksi kalor melalui sebuah dinding bergantung pada 4 besaran yaitu:
1.    Perbedaan suhu (ΔT)
 Makin besar perbedaan suhu suatu benda, makin cepat perpindahan kalornya
2.    Ketebalan dinding (d)
 Semakit tebal dinding semakin lambat perpindahan kalor
3.    Luas permukaan (A)
 Semakin besar luas permukaan, perpindahan kalor semakin cepat.
4.  Konduktivitas termal (k) yang merupakan ukuran kemampuan zat dalam menghantarkan kalor.
 Semakin besar nilai k, perpindahan kalor semakin cepat.

Laju konduksi kalor dinyatakan dalam bentuk persamaan:

                                                                                        H = Q/t = kAΔT / d

2.   Konveksi (aliran)
Konveksi adalah perpindahan kalor pada suatu zat yang disertai perpindahan partikel-partikel zat. Perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada benda cair dan gas yang mengalami pemanasan. Pada zat cair, pemanasan mengakibatkan massa jenis bagian yang panas dan bagian yang dingin menjadi berbeda. Bagian benda yang panas memiliki massa jenis yang lebih kecil di bandingkan bagian yang dingin.
Contoh konveksi pada benda cair adalah pemanasan air. Bagaimana proses terjadinya konveksi kalor pada pemanasan air???
 gambar perpindahan kalor secara konveksi yang terjadi pada pemanasan air 
Pemanasan mengakibatkan air dibagian bawah tabung menjadi cepat panas daripada bagian atas tabung. Akibatnya, air panas dibagian bawah tabung akan naik keatas dan air dingin pada bagian atas tabung akan turun kebawah karena massa jenisnya lebih besar daripada massa jenis air panas. Proses ini berlangsung terus menerus sehingga terbentuk aliran air yang disebut aliran konveksi
Terdapat 2 jenis konveksi yaitu konveksi alami dan konveksi paksa. Konveksi alami terjadi pada system ventilasi rumah, terjadinya andin darat dan angin laut. Sedang konveksi paksa terjadi misalnya pada pendingin mesi mobil, alat pengering rambut, dll
Laju kalor konduksi ditulis dalam bentuk persamaan:

H = Q / t = h A ΔT

H = Q / t = laju kalor konveksi (J/s)
h = koefisien konveksi (watt/m2 K)
A = luas permukaan benda (m2)
ΔT = perbedaan suhu (K)

3.    Radiasi (pancaran)
Radiasi adalah perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara (medium) karena dibawa dalam bentuk elektromagnetik.
Ketika kita berjalan disiang hari kita akan merasakan panasnya matahari mengenai kulit kita. Bagaimana panas matahari dapa mencapai bumi???
Panas matahari tidak akan mungkin berpindah secara konduksi atau konveksi. Mengapa???karena antara matahari dengan bumi hanya terdapat ruang hampa udara yang sangat luas. Ruang hampa udara tidak dapat menghantarkan panas secara konduksi dan konveksi. Berarti perpindahan panas matahari hanya dapat terjadi secara radiasi. Perpindahan kalor terjadi melalui gelombang elektromagnetik. Contohnya ketika kita berada di dekat api unggun, badan kita Terasa hangat karena adanya perpindahan kalor dari api unggun ketubuh kita melalui radiasi. Contoh pemanfaatan radiasi dalam kehiduupan sehari-hari antara lain pada tungku pemanas ruangan, rumah kaca dan panel surya.
Laju kalor radiasi dinyatakan oleh persamaan berikut:


H = Q / t = eσAT4

H = Q/t = laju kalor radiasi
e = emisivitas
σ = tetapan Stefan Boltzmann = 5,67 x 10-8 w/m2K4
A = luas permukaan benda (m2)
T = suhu mutlak permukaan benda (K)

Sabtu, 04 Agustus 2012

Judul Skripsi Biologi 1

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI  SISWA  KELAS  X1 MAN MODEL MAKASSAR MELALUI PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF 

PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONGGO KOTA BIMA
 
PENINGKATAN AKTIVITAS  DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP GUPPI SAMATA GOWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BELAJAR ELABORASI PQ4R (PREVIEW, QUESTIO, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW)

PENERAPAN TEKNIK MIND MAP (PETA PIKIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MAKASSAR

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAKASSAR MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SARE (TPS) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BAHASAN SYSTEM PENCERNAAN MANUSIA, SYSTEM PERNAPASAN MANUSIA DAN SYSTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SMP NEGERI 1 MAKASSAR

PENGARUH PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAME (TGT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN KELAS XA SEMESTER II SMA GUPPY SAMATA GOWA

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN SYSTEM INDERA MANUSIA KELAS VII SMP NEGERI 1 DONGGO KOTA BIMA

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SOROMANDI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI PEMBERIAN SOAL-SOAL LATIHAN POKOK BAHASAN PENURUNAN SIFAT PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

Judul Skripsi Bahasa Indonesia 1

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA DI KELAS III SDN 1 MAKASSAR

MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN PROSES MODEL SIMULASI KREATIF SISWA KELAS V SDN KALA LANGGENTU KOTA BIMA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD PADA SISWA KELAS IV SDN INPRES PAJAIIANG

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA MELAUI PENERAPAN METODE SAS BAGI SISWA KELAS I SDN ISLAM ATHIRA MAKASSAR

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO SISWA KELAS V SD NEGERI 4 KOTA PAREPARE

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKRAMBEL PADA SISWA KELAS IV SDH IKIP MAKASSAR

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA TOPIK CERITA FIKSI SISWA KELAS IV SDN INPRES O’O KOTA BIMA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DI KELAS V SDN 3 KOTA BIMA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 18 PAREPARE MELALUI PENERAPAN STRATEGI SURVEY QUESTION READING RECITE REVIEW (SQ3R)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA DIALOG CERITA ANAK MELALUI METODE SOSIODRAMA KELAS V SDN INPRES PAJAIIANG MAROS

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC SISWA KELAS IV SDN 1 MAROS

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE BERMAIN   PADA SISWA KELAS I SDN INPRES MPILI KOTA BIMA

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN  INTERPRETIF MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING SISWA KELAS IV  SDN KAMUNTI KOTA BIMA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING BAGI MURID  KELAS V SDN INPRES PAJAIIANG MAROS

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FIKSI DI KELAS V SDN 1 WARINTA KABUPATEN BUTON

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN PROSES BAGI MURID KELAS V SDN KALA LANGGENTU KOTA BIMA

Judul Skripsi Matematika 1

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN FPB DAN KPK DALAM BENTUK SOAL CERITA MELALUI METODE ACCELERATED LEARNING DI KELAS V SDN KALA LANGGENTU KOTA BIMA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  SISWA TENTANG PENGURANGAN PECAHAN CAMPURAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD  DIKELAS V SD NEGERI 1 MAKASSAR

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR (FPB) MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED SISWA KELAS V SDN INPRES PAJJAIAN MAROS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOMETRI SISWA KELAS IV TENTANG PENGUKURAN LUAS SEGITIGA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK DI SDN INPRES 0’0 KOTA BIMA

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SDN 2 MAKASSAR

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN BILANGAN BULAT SISWA KELAS V SDN 1 SURABAYA 

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENGUKURAN LUAS BANGUN DATAR SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 18 KOTA PAREPARE

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN PECAHAN  DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS IV SDN 1 WARINTA KABUPATEN BUTON

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEP DAN STRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBAGIAN BILANGAN DUA ANGKA SISWA KELAS II SDN 2 TAKIMPO KABUPATEN BUTON

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG MEMUAT OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SD NEGERI 18 PARE-PARE

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGURANGAN  BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KAMUNTI KOTA BIMA

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS SEGITIGA MELALUI PENERAPAN TEORI BRUNER PADA SISWA KELAS IV SDN SANGGARI KOTA BIMA

PENINGKATAN HASIL BALAJAR OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN DUA ANGKA DENGAN MELALUI ALAT PERAGA ABACUS SISWA  KELAS I SD NEGERI INPRES O’O KEC. DONGGO KOTA BIMA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERSEGI PANJANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DI KELAS III SDN KALA LANGGENTU KOTA BIMA

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS SEGI EMPAT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK SISWA KELAS III SDN 1 MAKASSAR

Judul Skripsi Fisika 2

UPAYA MENINGKATKAN academic skill MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS VIIIB SMP GUPPI SAMATA GOWA


PERANAN PENGGUNAAN MODUL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DONGGO KAB. BIMA

PERANAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

PENGARUH PENGGUNAAN SARANA PENDUKUNG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DONGGO KAB. BIMA

PEMBUATAN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA SMA 

PENINGKATAN PENGETAHUAN DEKLARATIF FISIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BIMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KELARA KAB. JENEPONTO

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI PEMBERIAN GUIDE PROBLEM ( MASALAH TERBIMBING ) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOLO 

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBERIAN PENGUATAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAKASSAR

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR, BERPASANGAN DAN BERBAGI (THINK-PAIR-SARE) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP SIKAP SISWA DALAM BIDANG FISIKA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBI) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 DONGGO KAB. BIMA

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO/VCD PEMBELAJARAN  DISERTAI LEMBAR KERJA SISWA (LKS)  DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

PERANAN METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMA GUPPI SAMATA GOWA

PERANAN PENDEKATAN DISCOVERY DENGAN SISTEM KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONTOMATENE KAB. SELAYAR.

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR DALAM FISIKA MELALUI DISKUSI KELOMPOK TERBIMBING DENGAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAROS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENINGKATAN self-efficacy SISWA DENGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SOROMANDI KAB. BIMA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 1 DONGGO KAB. BIMA

PENGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERBASIS KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 2 KOTA BIMA 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

IDENTIFIKASI PENGETAHUAN AWAL DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI MODEL MAKASSAR

PERANAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 MAKASSAR

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 MAKASSAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN OUTLINING

PERANAN STRATEGI ADVANCE ORGANIZER PADA MODEL PENGAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR  SISWA KELAS  VII SMP NEGERI 1 BOLO
INTEGRASI KEGIATAN EKSPERIMEN DENGAN SIMULASI KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNIT LISTRIK DINAMIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MAKASSAR
PERANAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SINJAI SELATAN

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS RBL (RESEARCH BASED LEARNING)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERAPAN KONSEP FISIKA MELALUI PEMBERIAN LKS BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

PERANAN PEMBELAJARAN BERKELOMPOK YANG BERORIENTASI PADA PENDEKATAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI MAN 2 MAKASSAR 

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 2 BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 2 BELOPA KABUPATEN LUWU

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL (FILM PROJECTOR) SD NEGERI 6 MOJONG KABUPATEN SIDRAP

Judul Skripsi Fisika 1

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH MAKASSAR


PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELAlUI STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH UNISMUH MAKASSAR


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT RECAP PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI  4 SUNGGUMINASA


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENERAPAN PROJECT-BASED-LEARNING PADA SISWA KELAS X2 SMA 4 KOTA BIMA


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAKNA DENGAN TEKNIK PEMBERIAN PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 MAROS


PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOFATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH SURABAYA


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIFIDUALY (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERRBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS X a SMP GUPPI SAMATA GOWA


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPETARIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BIMA


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IX SMA MUHAMMADIYAH MAKASSAR


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 MAROS


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS X SMA 1 DONGGO


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI METODE INQUIRI TERBIMBING PADA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH MAKASSAR


PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN METODE RECONNECTING PADA SISWA KELAS VIII 2 SMP GUPPI SAMATA GOWA


catatan
: postingan ini mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi dan referensi buat anda yang ingin menyelesaikan studi S1.....moga bermanfaat
saya juga menginginkan anda untuk menjadi teman shering untuk hal-hal yang menyangkut dunia pendidikan jadi tinggalkan komentar anda